Upaya Anies Cegah Banjir Dijegal, Kabel Listrik Rumah Pompa Dukuh Atas Dipotong

Upaya Anies Cegah Banjir Dijegal, Kabel Listrik Rumah Pompa Dukuh Atas Dipotong

author photo
Upaya Anies Cegah Banjir Dijegal, Kabel Listrik Rumah Pompa Dukuh Atas Dipotong



Upaya pencegahan banjir Ibu Kota yang terus dilakukan Gubernur DKI Jaarta, Anies Rasyid Baswedan dijegal orang tidak dikenal.


Pasalnya, terdapat sejumlah kasus adanya pemotongan kabel listrik pada sejumlah rumah pompa yang tersebar di wilayah Jakarta Pusat.


Satu di antaranya adalah pemotongan kabel listrik pada Rumah Pompa Dukuh Atas, Tanah Abang, Jakarta Pusat.


Aksi pemotongan kebel listrik yang terhubung dengan sejumlah mesin pompa itu dibenarkan Kepala Suku Dinas Binamarga Jakarta Pusat, Rakim Sastranegara.


"Iya sempat ada percobaan pencurian kabel tapi belum terjadi hanya putus saja kabelnya," kata Rakim, Rabu (20/1/2021).


Dikatakan Rakim, keberadaan Rumah Pompa yang berlokasi persis di sebelah Underpass Dukuh Atas itu sangat penting.


Mengingat pompa air berukuran besar di lokasi berfungsi untuk mencegah banjir seperti yang terjadi pada tahun 2017 silam.


Apalagi, kini Pemprov DKI tengah menghadapi puncak musim penghujan yang diprediksi jatuh pada bulan Februari 2021 mendatang.


"Kejadian pertama pelaku tertangkap oleh petugas rumah pompa," katanya.


Sedangkan aksi kedua pelaku memang tidak tertangkap, hanya saja kabel sempat dipotong oleh pelaku, namun kabel itu tidak berhasil dibawa kabur.


"Kejadian kedua itu pelaku tidak tertangkap tapi sempat memotong kabel listrik. Pelaku melakukan pemotongan kabel listrik dari meteran KWH ke mesin pompa air," ujarnya.


Menyikapi maraknya tindak kejahatan, Rakim tengah melakukan pengajuan pemasangan CCTV di empat rumah pompa underpass di Jakarta Pusat. Diantaranya, Underpass Dukuh Atas, Senen, Angkasa dan Matraman.

Next article Next Post
Previous article Previous Post