Pengidap 11 Penyakit Ini Tak Disarankan Divaksin Corona

Pengidap 11 Penyakit Ini Tak Disarankan Divaksin Corona

author photo

 

Pengidap 11 Penyakit Ini Tak Disarankan Divaksin Corona


Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mengeluarkan rekomendasi terkait vaksinasi Covid-19 pada pasien dengan penyakit penyerta.


Melalui surat yang ditandatangani ketua umumnya Dr Sally A Nasution, PAPDI menjelaskan orang-orang yang tidak direkomendasikan mendapatkan vaksinasi virus corona karena alasan penyakit yang diidapnya. Berikut daftarnya: 


1. Penyakit autoimun sistemik (SLE, sjogren, vaskulitis, dan autoimun lain)


Pasien autoimun tidak dianjurkan untuk diberikan vaksinasi Covid-19 sampai hasil penelitian yang lebih jelas telah dipublikasi.


2. Sindroma hiper IgE


Sama dengan mereka yang menderita autoimun, perlu menunggu penelitian lebih lanjut untuk menerima vaksinasi.


3. Pasien dengan infeksi akut


Bahkan pasien ini dinyatakan tidak layak menerima vaksinasi. Pasien dengan infeksi akut ditandai dengan demam, menjadi kontraindikasi vaksinasi.


4. Pasien ginjal kronik (PGK) non dialisis, PGK dialisis, transplantasi ginjal, dan sindroma nefrotik dengan imunosupresan/kortikosteroid


Dinyatakan belum layak karena belum direkomendasikan. Hal ini disebabkan karena belum ada uji klinis mengenai edukasi dan keamanan vaksin terhadap populasi ini.


5. Hipertensi


Beberapa uji klinis menginklusi pasien dengan hipertensi. Saat ini para dokter masih menunggu hasil dari uji klinis di Bandung.


6. Gagal jantung dan penyakit jantung koroner

 

Belum ada data mengenai keamanan vaksin pada kondisi ini.


7. Rematik autoimun


Dinyatakan belum layak karena belum ada data penggunaan. Data vaksin sebelumnya juga menunjukkan tidak ada kontraindikasi pemberian pada pasien ini. Pemberian vaksin Covid-19 untuk pasien rematik-autoimun harus mempertimbangkan risiko. Namun rekomendasi ini masih bersifat sementara dan bisa saja berubah jika ada bukti baru tentang keamanan dan efektivitas vaksin.


8. Penyakit-penyakit gastrointestinal


Mereka yang menderita penyakit ini dan menggunakan obat-obat imunosupresan pada dasarnya tidak masalah diberikan vaksin Covid-19. Namun respons imun yang terjadi tidak seperti yang diharapkan.


9. Hipertiroid/hipertiroid karena autoimun


Perlu menunggu hasil penelitian yang jelas dan dipublikasikan.


10. Penyakit kanker, kelainan hematologi seperti gangguan koagulasi, pasien imunokompramais, pasien terapi aktif kanker, pemakai obat imunosupresan dan penerima produk darah


Studi klinis Sinovac mengeksekusi pasien dengan penyakit ini. Dengan tidak adanya data, maka mereka dengan penyakit ini belum direkomendasikan menerima vaksin Covid-19.


11. Hematologi-onkologi yang mendapatkan terapi jangka panjang


Sama seperti penyakit dengan kanker, belum ada data terkait pasien ini dalam uji klinis.***

Next article Next Post
Previous article Previous Post