Menag Yaqut Bukan Jebolan Pesantren tapi SMA, Pernah Kuliah tapi Tak Selesai

Menag Yaqut Bukan Jebolan Pesantren tapi SMA, Pernah Kuliah tapi Tak Selesai

author photo

 

Menag Yaqut Bukan Jebolan Pesantren tapi SMA, Pernah Kuliah tapi Tak Selesai


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini dilantik oleh Presiden Jokowi bersama dengan lima menteri lainnya. Pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu menggantikan Fachrul Razi yang kena reshuffle kabinet. 


Gus Yaqut dikenal sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan merupakan putra dari kiai Nahdlatul Ulama sekaligus pendiri PKB, Muhammad Cholil Bisri.  


Saat ditunjuk Jokowi sebagai Menag, ia masih berstatus sebagai anggota DPR RI dan menduduki posisi Wakil Ketua Komisi II DPR. 


Terkait riwayat pendidikan, pria kelahiran Rembang, 4 Januari 1975, itu ternyata merupakan lulusan SMA.  


Dikutip dari berbagai sumber, ia menempuh pendidikan sekolah menengah di Rembang, yakni SMPN 2 Rembang dan SMAN 2 Rembang. 


Kemudian, ia melanjutkan pendidikan sarjana di Universitas Indonesia jurusan Sosiologi tetapi tidak selesai.


Namun, ia diketahui sudah aktif berorganisasi sejak masih muda, salah satunya dengan mendirikan Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Depok pada 1996-1999. 


Dalam profil yang diunggah KPU di Pemilihan Legislatif 2019, ia juga tertulis merupakan lulusan SMA/sederajat dan berprofesi sebagai anggota DPR 2014-2019. Profil yang sama ini juga diunggah di laman resmi DPR. 


Sudah dua kali ia terpilih menjadi anggota DPR, yakni Pileg 2014 dan Pileg 2019. Saat maju nyaleg, ia bertarung di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah X dan maju sebagai caleg PKB.

Next article Next Post
Previous article Previous Post