Al Jazeera Bongkar Fakta, Ada 20 Negara Tapi Hanya Indonesia yang Pesan Vaksin Covid-19 Buatan China

Al Jazeera Bongkar Fakta, Ada 20 Negara Tapi Hanya Indonesia yang Pesan Vaksin Covid-19 Buatan China

author photo

 

Al Jazeera Bongkar Fakta, Ada 20 Negara Tapi Hanya Indonesia yang Pesan Vaksin Covid-19 Buatan China


Al Jazeera mengungkap satu data bahwa hanya Indonesia yang memesan Vaksin Virus Corona buatan China, Sinovac, dari 20 negara yang telah memesan vaksin. 


Al Jazeera mengungkap fakta itu berdasarkan data riset yang dilakukan reuters. 


Berdasarkan data yang diungkap Al Jazeera, ada 20 negara (tidak termasuk Uni Eropa) yang telah memesan vaksin untuk mengatasi pandemi Virus Corona atau Covid-19. 


Ke-20 negara yang telah memesan vaksin tersebut adalah Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Italia, Denmark, Belanda, Prancis, Kanada, China, Brasil, Meksiko, Argentina, India, Spanyol, Australia, Indonesia, Uzbekistan, Mesir, Nepal, dan Israel. 


Data reuters menunjukkan bahwa ada 10 jenis Vaksin Virus Corona yang siap dan telah diproduksi sejumlah perusahaan farmasi dari sejumlah negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Jerman, dan China. 


Ke-10 jenis Vaksin Virus Corona tersebut adalah sebagai berikut: 


1. Astrazeneca (Inggris)


2. Cansino Bilogics 


3. Gamaleya Reserach Institute 


4. Inovio-Cepi (Amerika Serikat) 


5. Johnson & Johnson Barda Janssen 


6. Moderna (Amerika Serikat). 


7. Novavax (Amerika Serikat). 


8. Pfizer-Biontech (Amerika Serikat-Jerman) 


9. Sinopharm-Beijing Institute of Bilogical Products (China) 


10. Sinovac (China) 


Berdasarkan tabel di bawah ini dipaparkan dampak ke-19 jenis vaksin tersebut terhadap imunitas tubuh relawan uji coba.


Sekadar contoh, Vaksin Moderna berdampak 94,5 % terhadap imunitas tubuh. Vaksin Pfizer berdampak 95 % terhadap imunitas tubuh. 


Tetapi, Sinovac memiliki dampak terhadap imunitas tubuh yang masuk kategori low atau rendah. 


Lebih lengkap bisa dilihat dalam tabel di bawah ini. 


Al Jazeera juga mengungkap tabel negara-negara mana saja yang telah memesan 10 jenis vaksin. 


Hasilnya, hanya Indonesia yang memesan Vaksin Sinovac buatan China. 


Indonesia memesan 40 juta Vaksin Sinovac. 


China sendiri justru memesan vaksin AstraZeneca buatan Inggris sebanyak 200 juta. 


Apa saja jenis vaksin COVID-19?


Saat dunia bersiap untuk vaksin tercepat yang pernah dikembangkan, beberapa perusahaan obat telah mengambil rute berbeda untuk memproduksi penangkal pandemi yang telah menyandera dunia sejak Maret tahun ini. 


Menurut Johns Hopkins Coronavirus Resource Center, setidaknya 1,3 juta orang telah meninggal akibat dan setidaknya 59 juta orang telah terinfeksi COVID-19 di seluruh dunia. 


Dengan ekonomi global yang dipertaruhkan, jutaan orang bekerja dari rumah dan, menurut UNICEF, 463 juta anak di seluruh dunia tidak dapat mengakses pembelajaran jarak jauh, kebutuhan akan vaksin menjadi mendesak. 


RNA: Kependekan dari ribonucleic acid, RNA adalah salah satu makromolekul penting - molekul yang lebih besar yang terdiri dari protein, lipid dan karbohidrat - untuk kehidupan. Vaksin RNA bekerja dengan memasukkan sekuens mRNA (molekul yang memberi tahu sel apa yang harus dibangun) ke dalam sistem yang diberi kode untuk antigen khusus penyakit. 


DNA: Singkatan dari asam deoksiribonukleat, DNA adalah salah satu makromolekul penting bagi kehidupan. Vaksin DNA melibatkan pengenalan langsung ke jaringan yang sesuai dari plasmid - molekul beruntai ganda yang ada di sel bakteri. 


Vektor virus: Vaksin ini menggunakan virus hidup untuk membawa DNA ke dalam sel manusia. Ini adalah salah satu cara transfer gen yang lebih efektif untuk memodifikasi jenis sel atau jaringan tertentu untuk tujuan terapeutik. 


Sub-unit protein: Ini menggunakan bagian dari virus, dalam hal ini, komponen protein, untuk membuat vaksin. Vaksin ini dapat diberikan kepada hampir semua orang yang membutuhkannya, termasuk orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah dan masalah kesehatan jangka panjang karena tidak membahayakan sistem kekebalan. 


Virus yang dilemahkan: Vaksin jenis ini menggunakan bagian virus yang sudah tidak aktif, tetapi menyebabkan penyakit. Vaksin ini biasanya tidak memberikan tingkat kekebalan yang sama dengan vaksin hidup. Suntikan booster di kemudian hari mungkin diperlukan untuk menjaga kekebalan. 


Partikel mirip virus: Vaksin jenis ini mengandung molekul yang menyerupai virus tetapi tidak menular dan, oleh karena itu, tidak berbahaya. VLP telah menjadi cara yang efektif untuk membuat vaksin melawan penyakit seperti human papillomavirus (HPV), hepatitis dan malaria. 


Ujian di seluruh dunia 


Menurut London School of Hygiene and Tropical Medicine, ada 11 jenis vaksin berbeda untuk COVID-19 di seluruh dunia yang diuji pada manusia.


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 150 vaksin yang sedang dikembangkan untuk COVID-19. 


Beberapa vaksin semakin dekat untuk dirilis saat melewati fase ketiga uji coba pada manusia. 


Menurut kepala ilmuwan WHO, Dr Soumya Swaminathan, uji coba tahap pertama pada manusia biasanya dilakukan pada 30 hingga 50 orang untuk memastikan vaksin tersebut aman dan tidak memiliki efek samping yang tidak terduga. 


Tahap dua melibatkan uji coba yang lebih besar yang mulai melihat imunogenisitas vaksin, yaitu apakah vaksin tersebut memunculkan respons imun yang diperlukan. 


Uji coba fase tiga biasanya melibatkan puluhan ribu orang dan menguji kemanjuran vaksin, yaitu seberapa baik vaksin itu melindungi seseorang dari infeksi, serta keamanannya dalam kelompok besar. 


Vaksin yang dibuat di Rusia dan China dirilis sebelum tahap ketiga uji coba pada manusia. 


Pesanan di muka 


Hampir 4,4 miliar dosis dari berbagai vaksin telah dipesan sebelumnya di seluruh dunia, menurut penghitungan oleh kantor berita Reuters. 


Persaingan sengit internasional untuk mengunci pesanan vaksin senilai miliaran dolar telah berlangsung selama berbulan-bulan, dan beberapa perusahaan akan mulai mengirimkan jutaan dosis segera pada pertengahan Desember. 


Vaksin AstraZeneca-Oxford memiliki keunggulan praktis dibandingkan beberapa yang lain karena dapat disimpan pada dua hingga delapan derajat Celcius (35.6-46.6 derajat Fahrenheit) daripada minus 70 derajat Celcius (-94 derajat Fahrenheit) yang dibutuhkan untuk vaksin Pfizer, sebagai contoh. 


AstraZeneca, yang telah berjanji tidak akan mendapatkan keuntungan dari vaksin selama pandemi, telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah dan organisasi kesehatan internasional yang menetapkan biayanya sekitar $ 2,50 per dosis. Vaksin Pfizer akan menelan biaya sekitar $ 20 per dosis, sedangkan Moderna akan menelan biaya $ 15-25, berdasarkan perjanjian yang dibuat oleh perusahaan untuk memasok vaksin mereka kepada pemerintah AS.

Next article Next Post
Previous article Previous Post